User Icon  21 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Ciri-ciri Branjangan Dari Daerah Asal

Burung petengger (passerin) di atas batu ini, berasal dari benua Asia dan Afrika. Di Indonesia branjangan mudah berkembang di daerah Jawa, Irian Jaya, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara dan Bali. Salah satu jenis branjangan yang biasa dikenal di kalangan mania burung di Indonesia adalah Mirafra Javanica.

Ciri-ciri branjangan berdasar daerah asal:
                                                                        
1.Branjangan yang populer adalah yang berasal dari Pulau Jawa, khususnya khususnya Jawa Tengah (Petanahan dan Kali Ori) dan Jogja (daerah Wates). Burung dari kawasan ini memiliki ciri-ciri yang disukai penggemar branjangan. Antara lain adalah mental yang baik, body yang besar dan volume suara yang keras dan variasi suara yang beragam, serta corak batik atau warna yang menarik, kemerahan atau kekuningan.
2.Wilayah Jawa Barat yang menjadi maskot bagi penggila branjangan adalah yang berasal dari daerah Sapan. Burung dari daerah Sapan terkenal dengan suaranya yang nyaring melengking dan kristal, jambul juga menjadi ciri khas burung ini. Branjangan dari daerah Sapan jika dilihat dari fisiknya tidak terlalu besar hanya seukuran 12-13 cm. berbeda jika dibandingkan dengan branjangan dari daerah Jawa Tengah yang dapat mencapai ukuran tubuh 12-14 cm. Pola batik burung dari daerah Sapan cenderung berpola lebih gelap dengan corak batik yang berwarna hitam hampir serupa dengan branjangan yang berasal dari daerah NTB dan Sumbawa.
3.Branjangan dari Sri Kayangan, Kulonprogo (Wates) berdaya tarik tinggi karena ciri fisik yang lebih besar dan memiliki warna dan pola batik yang lebih menarik. Sedangkan branjangan dari Nusa Tenggara mempunyai corak warna bulu yang lebih pekat. Ukuran tubuhnya juga tidak sebesar jenis branjangan dari daerah lain, seukuran 10-12 cm.

Memilih branjangan: Tidak ada patokan khusus dalam memilih branjangan. Ciri-ciri branjangan yang baik antara lain bentuk fisiknya atletis, ekor dan badan panjang, mata tajam menunjukkan petarung, bulu lembut seperti sutra sedangkan paruhnya bagai burung gelatik tapi agak bengkok sedikit ke bawah.

Sumber : dari berbagai sumber


Dilihat 20612 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (2)
Halaman : | 1 |
1. om ridhie, , Indonesia
3 Mei 2013
saya punya 3 ekor branjangan dari 2 jenis berbeda, yg satu badan besar dgn kuku jari belakang sangat panjang untuk ukuran seekor burung, paruh panjang seperti paruh ciblek makanan nya voer halus jangkrik dan ulat jg mau... untuk jenis yng satu nya lagi adalah bertubuh olebih kecil dgn paruh kokoh dan pendek sprti paruh golejra dan makanan nya kenari set biji-bijian jangkrik dan jg ulat... jenis branjangan manakah itu dan lebih bagus yang mana... thxz....
2. Muhammad Hadlman Fuad, , Indonesia
19 Mar 2013
Selain besar, suara, warna dan jambul apakah branjangan bisa tinggi harganya, n sampai berap tahun umurnya, tq.

Jual Burung

cucak ijo banyuwanggi
Rp 1.600.000
jakarta
Video Burung
Onyx our black boxer dog playing with willy our macaw blue and gold bird
Onyx our black boxer dog playi
jds111669570
Time : 0:28
Galeri Burung
Tempat makan burung -Platform
Tempat makan burung -Platform
redy
Jakarta Selatan