User Icon  20 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Mengenal Burung Kutilang

Sebagai burung pengicau, kutilang memiliki beberapa sebutan. Orang Sunda menyebutnya cangkurileung, orang Jawa memanggilnya ketilang atau genthilang, mengikuti bunyi suaranya yang khas. Nama ilmiahnya sendiri adalah Pycnonotus aurigaster.

Habitat kutilang pada tempat-tempat terbuka, seperti tepi jalan, kebun, pekarangan, semak belukar dan hutan sekunder. Sering pula ditemukan hidup meliar di taman dan halaman-halaman rumah di perkotaan. Hidup berkelompok, baik ketika mencari makanan maupun bertengger, dengan jenisnya sendiri maupun dengan jenis merbah yang lain, atau bahkan dengan jenis burung yang lain.

Makanan utama kutilang adalah buah-buahan yang lunak, seperti papaya dan pisang.  Selain itu dia juga memangsa berbagai jenis serangga, ulat dan aneka hewan kecil lainnya yang menjadi hama tanaman petani.

Ciri fisik:

1.Berukuran sedang dengan panjang tubuh (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 20 cm.
2.Sisi atas tubuh (punggung, ekor) berwarna coklat kelabu, sisi bawah (tenggorokan, leher, dada dan perut) putih keabu-abuan.
3.Bagian atas kepala, mulai dari dahi, topi dan jambul, berwarna hitam.
4.Tungging (di muka ekor) nampak jelas berwarna putih, serta penutup pantat berwarna jingga. Iris mata berwarna merah, paruh dan kaki hitam.

Karakter kutilang:

1.Sering terbang dengan suara ribut atau bersiul berirama berulang-ulang sambil di atas tenggerannya sejak menjelang subuh sampai sore hari.
2.Sangat menyukai air untuk mandi maupun minum.
3.Karena jenis makanannya dan sering minum, burung kutilang tergolong burung yang sering membuang kotoran. Ketika membuang kotoran biasanya pantatnya akan manggut-manggut dari atas ke bawah.
4.Sarang burung kutilang berbentuk cawan dari anyaman daun rumput, tangkai daun atau ranting yang halus.
5.Bertelur 2-3 butir, berwarna kemerah-jambuan berbintik ungu dan abu-abu.
6.Bersarang sepanjang tahun kecuali Nopember, dengan puncaknya April-September.

Sumber : dari berbagai sumber
Dilihat 3724 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (1)
Halaman : | 1 |
1. joffa, facebook,com, Indonesia
17 Apr 2014
mantap

Jual Burung

cucakrawa
Rp 17.000.000
tangerang
Video Burung
Drunk Birds
Drunk Birds
theririman
Time : 3:59
Galeri Burung
Kingfisher Bird
Kingfisher Bird
dpshots.com
Jakarta Selatan