User Icon  32 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Memilih tekukur berdasar katuranggan

Beberapa orang meyakini bahwa bentuk kepala, leher, badan, ekor, kaki, paruh, dan sebagainya menggambarkan kualitas suara tekukur. Bahkan dengan berpegang pada pengetahuan tentang katuranggan, orang dapat meramalkan prestasi burung derkuku nantinya. Jika Anda percaya, berikut tips memilih tekukur berdasarkan katuranggan atau pengetahuan tentang bentuk tubuh.

Bentuk kepala dari samping
                                                                                                                        
1.Njambe nom. Bentuk kepala seperti buah jambe atau pinang yang masih muda pada umumnya punya suara yang baik dan irama lagunya bagus. Bentuk kepala seperti ini diibaratkan seperti kepala Arjuna, kesatria Pandawa dalam kisah Mahabarata. Keindahan suara dan irama lagu derkuku yang berkepala seperti ini dapat bertahan sampai burung berumur tua.
2.Mbeton nangka. Bentuk kepala seperti biji buah nangka mempunyai suara bagus, hanya saja kualitas akan menurun bila sudah tua.
3.Nggobog. Bentuk kepala seperti uang logam, nyaris bulat sempurna, umumnya pada umur pertengahan, kurang lebih 25 tahun, kualitas suara anggungnya akan mulai menurun.
4.Mbungkul bawang. Bentuk kepala seperti bawang putih, diperkirakan mutu suaranya tidak menentu, kadang baik dan dapat juga melempem tidak ada kemajuan.
5.Nakir kuwalik. Bentuk kepala seperti takir terbalik, sulit diharapkan suara baiknya. Takir adalah tempat makanan atau sesaji, terbuat dari daun pisang berbentuk segi empat.

Bentuk tubuh:
                                                                                                                        
1.Nuntut gedhang. Bentuk tubuh seperti kuncup bunga pisang, biasanya bersuara panjang, terdengarjelas, dan baik.
2.Buah nangka. Bentuk tubuh seperti buah nangka diperkirakan memiliki suara tengah agak baik.
3.Mbluluk. Bentuk tubuh seperti buah kelapa yang masih muda, diperkirakan memiliki suara tengah cukup baik. Biasanya suara ujungnya tumpang sari atau berujung suara dua kali.
4.Njagung Nglobot. Bentuk tubuh seperti jagung tua yang masih terbungkus kulit, diperkirakan memiliki suara kurang baik.
5.Wungkal Gerang. Bentuk tubuh seperti batu pengasah pisau yang telah aus, diperkirakan memiliki suara tidak baik.

Bentuk ekor:
                                                                                                                        
1.Nyecak atau tokek. Bentuk ekor seperti ekor cecak atau tokek, panjang lurus dan melancip, diperkirakan memiliki suara baik sekali, bersih dan mengkristal.
2.Linggis. Bentuk ekornya seperti linggis -panjang, lurus dan, agak tumpul- diperkirakan memiliki suara agak baik.
3.Kukusan. Bentuk ekor seperti kukusan atau kerucut -ujung meruncing, tetapi agak pendek- menandakan burung bersangkutan memiliki suara cukupan.
4.Mendok keris. Ekor berbentuk pendok keris diperkirakan bersuara kurang baik.
5.Sapu Gerang. Bentuk ekornya seperti sapu lidi yang sudah lama dipakai, diperkirakan bersuara jelek sekali, tetapi bunyinya cukup tebal.

Sumber : dari berbagai sumber 
Dilihat 4845 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (0)
Halaman : |

Belum Ada Komentar!


Jual Burung

Pastel
Rp 1.000.000
jambi
Video Burung
Everybody Wants To Be A Dog
Everybody Wants To Be A Dog
griffintp
Time : 0:30
Galeri Burung
Bald Eagle
Bald Eagle
gdphotography.com
Jakarta Selatan